Penyebab oli mesin 4 tak ikut terbakar


1. Ring piston mengalami keausan

Penyebab yang paling umum terkait asap putih adalah masalah ring piston. Ring piston terbagi menjadi dua macam, yaitu ring kompresi dan ring oli. Ring kompresi berfungsi untuk merapatkan celah antara piston dan blok silinder agar tekanan kompresi besar, sementara ring oli berfungsi mencegah oli dari ruang engkol masuk ke ruang bakar.

Bentuk ring ini tidaklah bulat sempurna, tetapi ada celah. celah ini memungkinkan ring masuk pada silinder dengan diameter berapapun.

Tapi apabila kedua ring ini mengalami keausan, maka celah ring akan membesar. Akibatnya oli dari bak oli masuk kedalam ruang bakar.

Biasanya terdapat gejala lain yang mengikutinya seperti tenaga mesin yang berkurang atau mesin sulit dihidupkan dipagi hari.

Solusinya, anda harus mengganti satu set ring piston untuk mengatasi asap ini. Cara menggantinya juga tidak mudah, karena ring piston terletak pada jantung mesin. Untuk melakukan penggantian harus diakukan pembongkaran mesin atau overhoule.

Selengkapnya Cara memeriksa kondisi ring piston

2. Linner/silinder mesin mengalami keausan

Masalah kedua juga masih berhubungan dengan penyebab yang pertama. Namun masalah kali ini bukan terletak pada ring piston, melainkan dinding silinder atau linner.

Perlu anda ketahui, saat mesin bekerja linner dan ring piston akan selalu bergesekan. Sehingga dalam jangka waktu tertentu kedua komponen ini akan mengalami keausan. Jika keausan ini terjadi, oli mesin dapat dengan mudah masuk kedalam ruang bakar (sama seperti diatas)

Gejala seperti loss power dan mesin susah hidup saat dingin juga akan anda temui ketika dinding silinder mulai aus. Cara mengatasi keausan dinding silinder ini, anda perlu melakukan bore up. Atau membubut  linner silinder. Untuk urusan ini, anda perlu melakukan turun mesin pada motor.
3. Seal Katup mengalami kebocoran
Selain dari dalam mesin, faktor yang dapat menyebabkan oli masuk ke ruang bakar berasal dari komponen mesin bagian atas. Katup atau valve berfungsi sebagai pintu yang bertugas memasukan udara untuk pembakaran mesin dan mengatur pembuangan gas sisa pembakaran mesin (intake dan exhaust).

Posisi katup ini, ada diatas ruang bakar dan pangkal katup berada di kepala silinder yang dipenuhi oli mesin. Normalnya ada sebuah seal yang dijadikan pencegah agar oli tidak mengalir kebagian bawah katup. Tapi lain ceritanya jika seal ini pecah atau getas. 

Apabila kondisi katup masih normal maka sebagai solusi anda hanya perlu mengganti seal katup dengan yang baru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mereamer Karburator Standart Jupiter

Artikel Pencak Silat